WeLCoME To MY BLoG

SeLaMaT DaTaNG - WiLuJeNG SuMPiNG

Blog ATAP SIRAP ini di buat sebagai media jasa yang akan membantu anda untuk mencari atau menjual property di Bandung. Kami akan berusaha memberikan informasi secara lengkap dan detail mengenai property di Bandung.

JIKA anda sedang mencari property di Bandung, kami bisa membantu anda mencarikan property idaman anda, cukup dengan mengirimkan data lokasi, spesifikasi, dan budget yang anda anggarkan.

JIKA anda sedang atau berencana menjual property di Bandung, kami bisa membantu anda memasarkan property tersebut, cukup dengan mengirimkan data property anda, kami akan survey, membantu menilai harga pasar property anda, dan memasarkannya secara maksimal dengan harapan property anda bisa terjual dengan harga wajar sesuai harga pasar dan dalam waktu sesuai dengan rencana anda.

TERIMA KASIH sudah meluangkan waktu melihat blog sederhana ini, semoga bisa memberikan anda informasi berguna yang bisa membantu anda mengambil keputusan untuk menjual atau membeli property di Bandung.

Salam Hangat

tedi | Property Agent

0813 2143 7849

INSPIRASI 50.000 DeSaiN CaNTiK RuMaH iDaMaN

desain rumah minimalis type 36 72,kumpulan desain rumah minimalis,desain rumah minimalis 2 lantai,desain rumah minimalis type 45,desain rumah minimalis sederhana,contoh desain rumah minimalis,desain rumah minimalis 2013,desain rumah minimalis type 36

Selasa, 02 Juni 2009

TIPS MENGATASI RAYAP

Serangga ini merupakan biang kerok dari semua kerusakan kayu konstruksi bangunan di mana-mana. Mereka bekerja 24 jam, 7 hari seminggu, dan 54 minggu dalam setahun, mereka tak mengenal hari libur.
Adanya tempat yang lembab dan bau kayu yang basah akan memancing rayap dari dalam tanah menembus beton dan lantai semen dengan cepat menerobos lapisan keramik dalam upaya membangun istana idaman mereka.
Ada tiga tujuan yang mendasari termite control service atau anti rayap yaitu mencegah, membasmi dan mengendalikan.

MENCEGAH
Langkah yang sangat bijaksana, karena dapat mengantisipasi serangan rayap yang berasal dari luar bangunan. Seandainya suatu ketika muncul laron-laron yang beterbangan saat senja hari dan salah satu dari mereka berhasil memperoleh tempat untuk bertelur, maka rayap yang berasal dari telur-telur laron tidak akan mampu memakan kayu-kayu yang telah terlindungi termitisida/obat rayap dan tidak bisa menembus lapisan tanah yang telah dilindungi oleh termitisida.
Mahalnya harga kayu dan sulitnya mendapatkan kayu yang berkualitas membuat orang berinisiatif untuk beralih menggunakan material alternatif lainnya. Setelah munculnya produk kusen berbahan aluminium dan daun pintu dari bahan pvc, lalu hadir pula rangka atap dari material baja ringan, dan kini ada lembaran papan fiber semen dengan motif urat kayu. Ini ada;ah satu cara menghidarkan kita berurusan dengan serangga gemuk pemakan kayu.
Tentu saja material pengganti tersebut tidak lebih murah dari bahan kayu itu sendiri. Bahkan, bahan itu cenderung lebih mahal, semisal rangka atap dari bahan baja ringan.

MEMBASMI
Biasanya dilakukan oleh Anda yang belum mengetahui dan mengerti termite control service. Hal ini wajar karena mungkin Anda menganggap service ini tidak penting.

MENGENDALIKAN
Tujuan akhir yang benar-benar jangan sampai terjadi, karena hal ini dikarenakan pelaksanaan service yang sangat terlambat dan rayap sudah menyebar ke seluruh bagian bangunan anda. Rayap tidak mungkin terbasmi atau dapat dihilangkan secara total, karena jalur lalu lintas rayap benar-benar luas dan tersembunyi. Namun demikian service yang peroleh dapat memperpanjang usia bangunan Anda dan mengendalikan serangan rayap agar tidak menimbulkan kerusakan fatal.
Secara garis besar pelaksanaan termite control dilakukan dalam 2 (dua) macam metode, yaitu pertama Pre-construction termite control (metode pra konstruksi) Yaitu termite control yang dilakukan saat bangunan sedang dibangun, yang meliputi pekerjaan penyemprotan galian pondasi, penyemprotan seluruh permukaan lantai/tanah bangunan sebelum pengecoran, dan penyemprotan seluruh permukaan kayu-kayu sebelum dipasang pada konstruksi plafond dan atap. Yang kedua Pos construction termite control (metode pasca konstruksi) Yaitu termite control yang yang dilakukan pada bangunan yang sudah berdiri dengan jalan menginjeksikan termitisida/obat pembasmi rayap ke dalam tanah dibawah lantai sepanjang pondasi bangunan yang jarak antar lubang injeksinya + 60 - 80 cm, dengan diameter lubang max. 13 mm. Sedangkan untuk kayu-kayu yang telah terpasang dilakukan penyemprotan langsung dengan termitisida.
Semoga bermanfaat.
(Dari berbagai sumber)



9 komentar:

mr. wiyono 3 Juni 2009 23.18  

blog yang luar biasa ini, ada banyak hal yang dapat ku pelajari dari blog sobat...teruskan dan jangan lupa follow or give me some comments in my blog. ok

Tnalumunium 21 Juli 2009 08.17  

Tips yang Ok ! Rayap memang sering menjadi masalah. Namun saya mempunyai ide agar prabot rumah saya terhindar dari rayap. saya menggunakan prabot berbahan Alumunium, karena bahannya lebih tahan lama dan lebih rentan terhadap rayap. Jika menggunakan kayu, rayap bisa mengganggu jika kurang perawatan. namun Jika memakai Alumunium akan lebih aman dari rayap.

Anonim 13 Oktober 2010 16.16  

Pada dasarnya kerusakan bahan kayu disebabkan oleh (90% lebih) rayap.
dan sisanya 10% karena kelembaban. Tapi kelembaban hanyalah menjadi vektor dari mikroorganisme parasit kayu (jamur dll) yg tumbuh subur pd kayu yang lembab / basah.
Tips berikut bisa menjadikan kayu awet hingga puluhan, mungkin ratusan tahun, asal dilakukan dengan benar dan tepat. Yang dibutuhkan hanyalah waktu extra, kesabaran dan ketelitian.
Pada dasarnya, semua obat anti rayap adalah baik, hanya kadang cara pemakaiannya kurang tepat. Biasanya karena takarannya yang kurang dan/atau cara aplikasi obat yang tidak benar.
Sering kayu yang sudah dikasih anti rayap, tapi baru sebentar (5 tahunan) sudah diserang rayap, bagaimana rayap tsb tdk mempan oleh obat anti rayap?
Berdasarkan pengalaman tukang yang sudah kerja puluhan tahun, rayap pasti menyerang atau masuk melalui jalan / celah dari permukaan kayu yang terluka!
Apa dan bagaimana luka kayu itu bisa timbul? Serta bagaimana cara mengatasinya?
Untuk itu, saya sudah memiliki teknik khusus yang telah sukses saya aplikasikan di kayu kuda2x dan rangka atap.
Perama buat bak yang bisa meremdam beberapa batang kayu 4m ukuran 6x12 cm.
Rendam seharian kayu tsb dengan obat seperti lentrek dengan takaran 10ml / 1 l air.
Obat anti rayap larut air sangat mudah diserap kayu, dan semakin lama perendaman akan memberikan perlindungan lebih karena cairan bisa masuk hingga ke dalam (tdk hanya dipermukaan).
Tapi karena sifatnya air, obat ini cenderung cepat menguap / habis jika terkena panas (seperti diketahui, pada rangka atap terutama di musim kemarau, suhu yang amat panas bisa membuat cairan obat pada kayu cepat hilang).
Untuk itu, setelah kayu direndam, keringkan kayu di tempat teduh selama 1 jam. kini siapkan campuran 3l oli bekas, 1l solar (minyak tanah) dan 100ml cat minyak.
Aduk rata lalu oleskan ke seluruh kayu, tunggu 1jam hingga kering, oleskan kembali sebanyak 2x atau 3x pengulangan. Larutan ini mempunyai sifat pelapis / penutup bagi obat yang sudah ada di dalam kayu agar tdk habis menguap, sekaligus mencegah datangnya rayap.
Tapi perlakuan berikut juga perlu diperhatikan, karena biasanya kayu yang sudah kita siapkan tadi masih diproses lagi yang bisa menimbulkan luka tadi. Proses berupa pemotongan (gergaji), paku dan pasak. Untuk setiap bekas gergajian, oles kembali permukaan dengan campuran oli.
Untuk paku atau pasak, sebelum digunakan, rendam dulu mereka dalam campuran oli. Selain akan mencegah paku berkarat, campuran juga ikut masuk dan mengisi celah luka yang ditimbulkan akibat paku atau pasak. Oleskan kembali bagian yang luar yang luka akibat paku atau pasak tadi.
Setelah kuda2x rangka kayu terpasang semua, oles semuanya kembali. Periksa celah dan permukaan kayu yang luka, jika masih ada, oles kembali dengan campuran oli.
Atau untuk bagian yang kecil dan celah yang sempit, encerkan oli dengan solar, aplikasikan bagian yang sulit dijangkau dengan kuas tadi dengan menggunakan semprotan tangan model semprotan tangan baygon.
Untuk hasil maksimal, ulangi pengkuasan atau penyemprotan kayu2x rangka atap tsb setiap setahun sekali.
Untuk bagian kayu yang masuk ke tembok dan akan ditutup semen, gunakan air untuk adukan semen dengan air yang sudah diberi obat anti rayap larut air seperti lentrek. Balut bagian kayu yang masuk ke dinding dengan plastik bening (atau plastik kresek) yang sudah direndam oli solar cat.
Memang pengerjaan ini membutuhkan tambahan waktu, tenaga dan biaya di awalnya, tapi manfaatnya yang amat signifikan bisa kita rasakan dalam jangka panjang. Kayu bisa awet hingga 50 tahun lebih dan itu jelas menghilangkan kemungkinan pengeluaran yang biaya besar untuk merenovasi kayu bila kayu terserang rayap.
Semoga bermanfaat.

Anonim 13 Oktober 2010 16.17  

Pada dasarnya kerusakan bahan kayu disebabkan oleh (90% lebih) rayap.
dan sisanya 10% karena kelembaban. Tapi kelembaban hanyalah menjadi vektor dari mikroorganisme parasit kayu (jamur dll) yg tumbuh subur pd kayu yang lembab / basah.
Tips berikut bisa menjadikan kayu awet hingga puluhan, mungkin ratusan tahun, asal dilakukan dengan benar dan tepat. Yang dibutuhkan hanyalah waktu extra, kesabaran dan ketelitian.
Pada dasarnya, semua obat anti rayap adalah baik, hanya kadang cara pemakaiannya kurang tepat. Biasanya karena takarannya yang kurang dan/atau cara aplikasi obat yang tidak benar.
Sering kayu yang sudah dikasih anti rayap, tapi baru sebentar (5 tahunan) sudah diserang rayap, bagaimana rayap tsb tdk mempan oleh obat anti rayap?
Berdasarkan pengalaman tukang yang sudah kerja puluhan tahun, rayap pasti menyerang atau masuk melalui jalan / celah dari permukaan kayu yang terluka!
Apa dan bagaimana luka kayu itu bisa timbul? Serta bagaimana cara mengatasinya?
Untuk itu, saya sudah memiliki teknik khusus yang telah sukses saya aplikasikan di kayu kuda2x dan rangka atap.
Perama buat bak yang bisa meremdam beberapa batang kayu 4m ukuran 6x12 cm.
Rendam seharian kayu tsb dengan obat seperti lentrek dengan takaran 10ml / 1 l air.
Obat anti rayap larut air sangat mudah diserap kayu, dan semakin lama perendaman akan memberikan perlindungan lebih karena cairan bisa masuk hingga ke dalam (tdk hanya dipermukaan).

Anonim 13 Oktober 2010 16.18  

Tapi karena sifatnya air, obat ini cenderung cepat menguap / habis jika terkena panas (seperti diketahui, pada rangka atap terutama di musim kemarau, suhu yang amat panas bisa membuat cairan obat pada kayu cepat hilang).
Untuk itu, setelah kayu direndam, keringkan kayu di tempat teduh selama 1 jam. kini siapkan campuran 3l oli bekas, 1l solar (minyak tanah) dan 100ml cat minyak.
Aduk rata lalu oleskan ke seluruh kayu, tunggu 1jam hingga kering, oleskan kembali sebanyak 2x atau 3x pengulangan. Larutan ini mempunyai sifat pelapis / penutup bagi obat yang sudah ada di dalam kayu agar tdk habis menguap, sekaligus mencegah datangnya rayap.
Tapi perlakuan berikut juga perlu diperhatikan, karena biasanya kayu yang sudah kita siapkan tadi masih diproses lagi yang bisa menimbulkan luka tadi. Proses berupa pemotongan (gergaji), paku dan pasak. Untuk setiap bekas gergajian, oles kembali permukaan dengan campuran oli.
Untuk paku atau pasak, sebelum digunakan, rendam dulu mereka dalam campuran oli. Selain akan mencegah paku berkarat, campuran juga ikut masuk dan mengisi celah luka yang ditimbulkan akibat paku atau pasak. Oleskan kembali bagian yang luar yang luka akibat paku atau pasak tadi.
Setelah kuda2x rangka kayu terpasang semua, oles semuanya kembali. Periksa celah dan permukaan kayu yang luka, jika masih ada, oles kembali dengan campuran oli.
Atau untuk bagian yang kecil dan celah yang sempit, encerkan oli dengan solar, aplikasikan bagian yang sulit dijangkau dengan kuas tadi dengan menggunakan semprotan tangan model semprotan tangan baygon.
Untuk hasil maksimal, ulangi pengkuasan atau penyemprotan kayu2x rangka atap tsb setiap setahun sekali.
Untuk bagian kayu yang masuk ke tembok dan akan ditutup semen, gunakan air untuk adukan semen dengan air yang sudah diberi obat anti rayap larut air seperti lentrek. Balut bagian kayu yang masuk ke dinding dengan plastik bening (atau plastik kresek) yang sudah direndam oli solar cat.
Memang pengerjaan ini membutuhkan tambahan waktu, tenaga dan biaya di awalnya, tapi manfaatnya yang amat signifikan bisa kita rasakan dalam jangka panjang. Kayu bisa awet hingga 50 tahun lebih dan itu jelas menghilangkan kemungkinan pengeluaran yang biaya besar untuk merenovasi kayu bila kayu terserang rayap.
Semoga bermanfaat.

-tedi- 13 Oktober 2010 20.17  

anonim ... terima kasih banyak, anda telah berbagi ilmu yang bermanfaat tanpa keinginan untuk dikenali (karena anonim) alangkah baiknya jika anda mencantumkan nama dan kontak anda sehingga kawan kawan yang kebetulan mampir ke blog ini bisa menimba pengetahuan anda dengan lebih baik lagi. terima kasih.

danisha artamara 7 Juli 2014 15.37  

Diskon 30% dan Bonus senilai 1 jt
Kitchen set Murah
Jual Kitchen Set Murah Minimalis Surabaya - Ibu Hepy 08813235035 / PIN BB 3292A812

partisi kaca 22 Oktober 2014 13.00  

solusi lain adalah dengan menggunakan perlengkapan yang tidak mudah dirusak oleh rayap. misalkan pintu dan kusen yang berbahan dasar aluminium dan kaca. mungkin bisa dipertimbangkan.

Perumahan Baru 28 Oktober 2014 16.18  

thanks gann buat bacaannya....punya tips gak, seperti obat apa yang bagus untuk basmi rayap ?

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP